Selasa, 19 Mei 2009






DEPARTEMEN KESEHATAN RI
POLITEKNIK KESEHATAN JAMBI






SEKILAS POLITEKNIK KESEHATAN JAMBI


Politeknik Kesehatan Jambi selanjutnya disingkat Poltekkes Jambi merupakan salah satu dari 33 Poltekkes di Indonesia yang berada di bawah Departemen Kesehatan RI. Bediri sejak tanggal 1 Januari 2001, berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 59123/ MPN/2000 dan SK Menteri Kesehatan No. 298/ Menkes/SK/ IV/2000.
Poltekkes Jambi menyelenggarakan Pendidikan Vocational Diploma III Bidang Kesehatan terdiri dari 4 Jurusan disiplin ilmu yaitu Jurusan Keperawatan, Jurusan Kebidanan, Jurusan Kesehatan Lingkungan, dan Jurusan Kesehatan Gigi. Pengelolaan Pendidikan dipimpin oleh seorang Direktur dibantu oleh 3 (tiga) Pembantu Direktur yaitu Pembantu Direktur Akademik, Pembantu Direktur Administrasi dan Keuangan, serta Pembantu Direktur Kemahasiswaan.
Sekretariat yang disebut Direktorat Poltekkes Jambi bertempat di jalan H. Agus Salim No. 09 Kota Baru Jambi, ditingkat jurusan dipimpin oleh Ketua Jurusan. Kurikulum Poltekkes Jambi mengacu pada Kurikulum Nasional dan tambahan Kurikulum Lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan Lapangan Pekerjaan dan Kemandirian Profesi dengan komposisi 40% Teori serta 60% Praktikum Klinik, karena itu pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk kuliah dikelas, pembinaan masyarakat, praktikum laboratorium di kelas, magang di unit pelayanan kesehatan serta praktek klinik langsung di unit pelayanan kesehatan.
Jumlah SKS berkisar antara 110 SKS s/d 120 SKS yang terbagi dalam 6 (enam) semester dapat diselesaikan selama 3 (tiga) tahun dan maksimal 5 (lima) tahun, dosen pengajar tetap berjumlah 123 orang dengan kualifikasi Pasca Sarjana 41 orang, Sarjana/D IV 71 orang, Diploma III sebagai tenaga instruktur 11 orang serta didukung oleh tenaga administrasi sebanyak 45 orang.



PENGEMBANGAN KARIR DAN PENDIDIKAN LANJUTAN


A. JURUSAN KEPERAWATAN

Lokasi kampus terletak di jalan Dr. Tazar No. 05 Buluran Kenali Telanai Pura, Jurusan Keperawatan menyelenggarakan Pendidikan Ahli di bidang Perawatan lulusannya disebut Ahli Madya Keperawatan (AM.Kep), dengan fokus keahlian lingkup preventif promotif dan kuratif. Lulusan dapat bekerja pada institusi Pemerintah atau Swasta terutama dirumah Sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan Swasta, Perusahaan, Badan Usaha Kesehatan serta Tenaga Staff pada Kantor Kesehatan, memungkinkan juga untuk melakukan Praktik Mandiri sesuai dengan Bidang Keilmuan dan Peraturan yang berlaku.
Tenaga dosen biasa berjumlah 41 orang dengan kualifikasi Pasca Sarjana 14 orang, Sarjana/D IV 26 orang, Diploma III sebagai Instruktur Klinik 1 orang.
Proses pembelajaran disamping teori dikelas juga dilakukan Magang dan Praktek Klinik di Rumah Sakit, Rumah Sakit Jiwa, Puskesmas, Unit Pelayanan Kesehatan Penunjang dan Pembinaan Masyarakat, serta Laboratorium kelas. Untuk menunjang proses Pembelajaran tersedia fasilitas pendidikan antara lain Perpustakaan, Laboratorium Klinik, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer.

B. JURUSAN KEBIDANAN

Lokasi Kampus terletak di jalan GA. Siwabessy No. 42 Buluran Kenali, Telanaipura Jambi. Jurusan Kebidanan menyelenggarakan Pendidikan Profesi bidang Kebidanan lulusannya disebut Ahli Madya Kebidanan (AM.Keb), dengan fokus keahlian lingkup preventif, Promotif dan Kuratif.
Lulusan dapat bekerja pada instansi Pemerintah atau Swasta antara lain Rumah Sakit, Puskesmas, Unit Penunjang Kesehatan, Klinik Bersalin, Kantor Kesehatan, serta dapat melakukan Praktik Mandiri sesuai dengan Bidang Keilmuan dan Peraturan yang berlaku.
Tenaga dosen biasa berjumlah 36 orang de



Laboratorium Klinik Gigi

ngan kualifikasi Pasca Sarjana 9 orang, Sarjana/ D IV 22 orang, Diploma III sebagai Instruktur 5 orang.
Laboratorium Praktek KebidananProses pembelajaran disamping teori dikelas juga dilakukan Magang dan Praktek Klinik di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Bersalin, dan Unit penunjang kesehatan lainnya, serta pembinaan masyarakat, untuk menunjang proses pembelajaran tersedia fasilitas pendidikan antara lain perpustakaan, laboratorium klinik kelas, laboratorium klinik pelayanan umum bagi masyarakat.

C. JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Lokasi Kampus terletak di jalan H. Agus Salim No. 08 Kota Baru Jambi. Jurusan Kesehatan lingkungan menyelenggarakan Pendidikan Keahlian bidang Kesehatan Lingkungan, lulusannya disebut Ahli Madya Kesehatan Lingkungan (AM.Kl), dengan fokus keahlian lingkup preventif, Promotif bidang Pengelolaan upaya Kesehatan Lingkungan, identifikasi penanggulangi serta pengawasan kualitas Lingkungan Kesehatan.
Lulusan dapat bekerja pada institusi Pemerintah atau Swasta antara lain Rumah Sakit, Puskesmas, Unit Penunjang Kesehatan, Institusi Tenaga Kerja, Perusahaan, Institusi Pariwisata, Hotel dan Tempat Umum Lainnya serta tenga lapangan institusi lingkungan Hidup.
Tenaga dosen biasa berjumlah 27 orang dengan kualifikasi Pasca Sarjana 12 orang, Sarjana/D IV 13 orang, Diploma III sebagai Instruktur 2 orang.
Laboratorium Kimia Kesehatan LingkunganProses pembelajaran disamping teori dikelas juga dilakukan Magang dan Praktek kerja di Rumah Sakit, Puskesmas, Pembinanaan Masyarakat, Unit Penunjang Kesehatan lainnya, Hotel dan Perusahaan. Untuk menunjang proses Pembelajaran tersedia fasilitas pendidikan antara lain Perpustakaan, Laboratorium Lingkungan, Bengkel Kerja, Laboratorium komputer.

D. JURUSAN KESEHATAN GIGI

Lokasi Kampus terletak di jalan H. Agus Salim No. 09 Kota Baru Jambi. Jurusan Kesehatan Gigi menyelenggarakan Pendidikan Keahlian bidang Kesehatan Gigi, lulusannya disebut Ahli Madya Kesehatan Gigi (AM.Kg), dengan fokus keahlian lingkup preventif, Promotif bidang Kesehatan Gigi dan Pembinaan masyarakat.
Lulusan dapat bekerja pada instansi Pemerintah atau Swasta antara lain Rumah Sakit, Puskesmas, Unit Penunjang Kesehatan, Kantor Kesehatan, serta melakukan Wirausaha dan Praktik Mandiri Kesehatan Gigi sesuai Peraturan yang berlaku.
Tenaga dosen biasa berjumlah 19 orang dengan kualifikasi Pasca Sarjana 6 orang, Sarjana/D IV 10 orang, Diploma III sebagai Instruktur 3 orang.
Laboratorium Klinik GigiProses pembelajaran disamping teori dikelas juga dilakukan Magang dan Praktek Klinik di Rumah Sakit, Puskesmas, Unit Penunjang Kesehatan lainnya, serta pembinaan masyarakat, Untuk menunjang proses Pembelajaran tersedia fasilitas pendidikan antara lain Perpustakaan, Laboratorium Bahasa.



2 komentar:

POLTEKKES JAMBI mengatakan...

Di Tunggu Ide22 Kreatifnya..
thanks all..

blacky mengatakan...

syarat2 unt pogsus nya apa aja?